Jumat, 04 Januari 2013

Keadaan Geografi New Hampshire

New Hampshire merupakan bagian dari wilayah New England. Hal ini dibatasi oleh Quebec, Kanada, ke utara dan barat laut, Maine dan Samudra Atlantik di sebelah timur, Massachusetts di selatan, dan Vermont ke barat. Wilayah utama New Hampshire adalah Great North Woods, White Mountains, Lakes Region, Seacoast tersebut, Lembah Merrimack, Daerah Monadnock, dan Dartmouth-Danau daerah Sunapee. New Hampshire memiliki garis pantai laut terpendek dari setiap negara pantai AS, dengan panjang 18 mil (29 km). New Hampshire adalah rumah bagi formasi batuan yang disebut Old Man of the Mountain, profil wajah-seperti di Franconia Notch, sampai formasi berantakan pada bulan Mei 2003.

Rentang White Mountains di New Hampshire meliputi bagian utara-tengah negara, dengan Gunung Washington yang tertinggi di timur laut Amerika Serikat - tempat kecepatan angin tertinggi kedua yang pernah tercatat - dan gunung-gunung lainnya seperti Gunung Madison dan Gunung Adams sekitarnya. Dengan badai-kekuatan angin setiap hari ketiga rata-rata, lebih dari 100 kematian yang tercatat antara pengunjung, dan mencolok krumholtz (kerdil, pohon kusut seperti hamparan pohon bonsai), iklim di hulu Gunung Washington telah mengilhami observatorium cuaca pada puncak untuk mengklaim bahwa daerah tersebut memiliki "Cuaca Terburuk Dunia" tersebut.

Dalam datar sudut barat daya New Hampshire, tengara Gunung Monadnock telah memberikan nama menjadi kelas bumi-bentuk - Monadnock a - menandakan, dalam geomorfologi, setiap puncak tahan terisolasi naik dari dataran terkikis kurang tahan.

Sungai utama meliputi 110 mil (177 km) Sungai Merrimack, yang membagi bagian bawah negara utara-selatan dan berakhir di Newburyport, Massachusetts. Anak-anak sungainya meliputi Sungai Contoocook, Pemigewasset Sungai, dan Sungai Winnipesaukee. The 410-mil (660 km) Sungai Connecticut, yang dimulai di New Hampshire Connecticut Lakes dan mengalir ke selatan ke Connecticut, mendefinisikan perbatasan barat dengan Vermont. Perbatasan negara tidak di tengah sungai itu, seperti biasanya terjadi, tetapi pada tanda air rendah di sisi Vermont, yang berarti bahwa seluruh sungai di sepanjang perbatasan Vermont (kecuali untuk daerah di mana tingkat air telah diajukan oleh bendungan) terletak di dalam New Hampshire. Hanya satu kota -. Pittsburg - saham perbatasan darat dengan negara bagian Vermont. "hulu northwesternmost" dari Connecticut juga menentukan perbatasan Kanada dengan New Hampshire.

Sungai Piscataqua dan beberapa anak sungai yang membentuk pelabuhan laut hanya signifikan negara di mana mereka mengalir ke Atlantik di Portsmouth. Salmon jatuh Sungai dan Piscataqua mendefinisikan bagian selatan perbatasan dengan Maine. Batas Piscataqua Sungai adalah subyek sengketa perbatasan antara New Hampshire dan Maine pada tahun 2001, dengan New Hampshire mengklaim menguasai beberapa pulau (terutama Pulau Seavey s) yang mencakup Shipyard Portsmouth Naval. Mahkamah Agung AS menolak kasus pada tahun 2002, meninggalkan kepemilikan pulau dengan Maine.

Yang terbesar dari danau New Hampshire adalah Danau Winnipesaukee, yang meliputi 71 mil persegi (184 km2) di bagian timur-tengah New Hampshire. Umbagog Danau sepanjang perbatasan Maine, sekitar 12,3 mil persegi (31,9 km2), adalah kedua jauh. Squam Lake adalah danau terbesar kedua seluruhnya di New Hampshire.

New Hampshire memiliki garis pantai laut terpendek dari setiap negara bagian di Amerika Serikat, sekitar 18 mil (29 km) panjang. Hampton Beach merupakan tujuan musim panas populer lokal. Sekitar 7 mil (11 km) lepas pantai Kepulauan Shoals, sembilan pulau-pulau kecil (empat di antaranya berada di New Hampshire) dikenal sebagai tempat koloni seni abad ke-19 yang didirikan oleh penyair Celia Thaxter, serta lokasi dugaan salah satu harta terkubur dari Blackbeard bajak laut.

Ini adalah negara dengan persentase tertinggi kedua wilayah hutan di negara itu, setelah Maine. New Hampshire adalah di berdaun lebar beriklim sedang dan campuran bioma hutan. Banyak negara, khususnya White Mountains, ditutupi oleh konifer dan kayu keras utara Inggris-Acadian hutan baru. Sudut tenggara negara dan bagian dari Sungai Connecticut sepanjang perbatasan Vermont ditutupi oleh pohon ek campuran dari hutan pantai Northeastern.

Sepertiga utara negara secara lokal disebut sebagai "negara utara" atau "utara dari takik," mengacu pada White Mountain melewati lalu lintas saluran. Ini berisi kurang dari 5% dari populasi negara, menderita kemiskinan yang relatif tinggi, dan terus kehilangan populasi sebagai penebangan dan kertas penurunan industri. Namun, industri pariwisata, khususnya di pengunjung yang pergi ke utara New Hampshire untuk ski, snowboard, mendaki dan sepeda gunung telah membantu mengimbangi kerugian ekonomi dari penutupan pabrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar