Jumat, 04 Januari 2013

Negara Bagian New Hampshire

New Hampshire adalah sebuah negara di wilayah New England di Amerika Serikat timur laut Amerika. Negara ini dinamakan selatan Inggris county Hampshire. Hal ini berbatasan dengan Massachusetts ke selatan, Vermont ke barat, Maine dan Samudra Atlantik di sebelah timur, dan provinsi Quebec di Kanada di utara. New Hampshire adalah yang terkecil 5 dan paling padat penduduknya 9 dari 50 negara-negara Amerika.

Ini menjadi yang pertama dari Amerika koloni Inggris Utara untuk melepaskan diri dari Inggris pada bulan Januari 1776, dan enam bulan kemudian adalah salah satu dari tiga belas negara asli yang mendirikan Amerika Serikat. Pada bulan Juni 1788, menjadi negara kesembilan untuk meratifikasi Konstitusi Amerika Serikat, membawa dokumen yang berlaku. New Hampshire merupakan negara bagian AS pertama yang memiliki konstitusi negara sendiri.

Hal ini dikenal secara internasional untuk primary New Hampshire, yang primer pertama dalam siklus pemilihan presiden AS. Concord adalah ibukota negara bagian, sementara Manchester adalah kota terbesar di negara bagian. Ia tidak memiliki pajak penjualan umum, juga tidak pendapatan pribadi (selain bunga dan dividen) dikenakan pajak baik di tingkat negara bagian atau lokal.

Plat nomor yang membawa motto negara: "Live Free or Die". Julukan negara, "Negara Granit", mengacu pada formasi yang luas granit dan tambang. 

Di antara tokoh-tokoh terkemuka dari New Hampshire yang bapak pendiri Nicholas Gilman, Senator Daniel Webster, Revolutionary War pahlawan John Stark, editor Horace Greeley, pendiri agama Christian Science Mary Baker Eddy, penyair Robert Frost, astronot Alan Shepard, dan penulis Dan Brown. New Hampshire telah menghasilkan satu presiden: Franklin Pierce.

Dengan beberapa gunung ski terbesar di Pantai Timur, atraksi utama New Hampshire rekreasi mencakup ski, snowmobiling dan olahraga musim dingin lainnya, hiking dan mountaineering, mengamati dedaunan jatuh, cottage musim panas bersama banyak danau dan pantai laut, motor olahraga di New Hampshire Motor Speedway, Minggu dan sepeda motor, rally sepeda motor populer diadakan di Pantai Weirs dekat Laconia pada bulan Juni. The White Mountain National Forest link bagian Vermont dan Maine dari Appalachian Trail, dan menawarkan Mount Washington Auto Road, di mana pengunjung dapat mendorong ke puncak 6.288 kaki (1.917 m) Gunung Washington.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar